Nurul Fikri Boarding School Menggelar Imunisasi Measles Rubella

img

Serang – Sebagai bentuk kontribusi dalam mensukseskan program pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, Nurul Fikri Boarding School bekerjasama dengan Dinas Kesehatan mengadakan Imunisasi Measles Rubella untuk Santri yang berusia 15 tahun ke bawah. Berlangsung secara serentak pada Kamis, 24 Agustus 2017, imunisasi berjalan lancar.

Kepala Klinik Pesantren, Ust. Eki Baihaqi, mengatakan bahwa imunisasi ini merupakan program yang baik sebagai upaya pencegahan terhadap potensi dari berbagai jenis penyakit.

Virus Measles adalah virus yang menyebabkan penyakit campak yang juga dapat membawa penyakit lain seperti ruam, batuk, pilek, iritasi mata, dan demam. Komplikasinya mulai dari infeksi telinga, pneumonia, kejang, kerusakan otak sampai kematian. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian.

Virus Rubella dapat menyebabkan campak Jerman dengan gejala berupa ruam, demam ringan dan radang sendi. Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menular pada ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital.

Belum ditemukan obat untuk penyakit campak dan rubella, tetapi penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus.

  • SOCIAL SHARE :