Gebyar Literasi Sebagai Bentuk Pembiasaan Membaca

Posted on 07 November 2018 by Admin
Card image cap

Serang-Rabu, 30 oktober 2018 SMPI NFBS Serang meresmikan Saung literasi bersamaan dengan kegiatan gebyar literasi. Gebyar literasi merupakan program terintegrasi antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang dengan Perpustakaan Daerah Banten.

Sebagai bentuk program pembentukan kebiasaan literasi Bpk. Usman Assidqi Q, M.Pd menjelaskan tujuan program literasi kebiasaan membaca ini menjadi 5 hal yaitu :


1. Learning to know : bagaimana seorang muslim diwajibkan untuk mengetahui dari setiap ilmu   seperti halnya dalam QS Al-Mujadalah :11 "....... Maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-irang yang diberi ilmu beberapa derajat....." 


2. yang kemudian setelah membaca kita jadi Learning to know mengetahui apa yang akan dilakukan, apa yang akan dikerjakan untuk membuat suatu inovasi


3. setelah itu kebiasaan membaca menjadikan kita untuk Learning to lead together yaitu bagaimana kebiasaan membaca memberikan kita ilmu, memberikan kita pengetahuan dan bisa bersama-sama memberikan informasi ilmu tersebut ke orang lain sebagai bentuk dari sebuah perusahaan.


4. yang akhirnya buah darimana kebiasaan membaca adalah bagaimana menjadi insan yang Learning to be yaitu mengamalkan ilmu, iman dan amal.


Tujuan pendidikan ini bisa dicapai di sekolah, karena secara fasilitas maupun lingkungan merupakan sarana paling kondusif dalam pembentukan budaya membaca ini. Bapak Heriyana, M.Pd berharap dengan adanya gebyar literasi dan pengesahan saung literasi di SMPI Nurul Fikri Serang ini bisa memicu santri sebagai bentuk pioneer pemimpin dimasa depan sebagai agen perubahan.